Olahraga

“Porpoising” Perlu Diatasi Tim F1 Saat Tes Pramusim di Bahrain

INDOPOSCO.ID – Tim-tim Formula 1 akan memulai tes pramusim terakhir mereka di Bahrain pada Kamis (10/3) untuk mencari solusi membenahi “porpoising” di mobil mereka sebelum balapan pembuka musim di Sakhir pada 20 Maret nanti.

Mobil-mobil baru didesain mengikuti regulasi yang mengalami perombakan besar-besaran musim ini, bertujuan untuk menciptakan balapan yang ketat, namun mengalami masalah saat mereka mengaspal di Barcelona bulan lalu.

Sebagai dampak dari perubahan itu, mobil terlihat memantul-mantul, seperti gerakan porpoise, mamalia mirip lumba-lumba, yang meloncat-loncat di atas air, saat melaju kencang di lintasan lurus ketika mobil menghasilkan sekaligus kehilangan downforce.

Sejumlah tim tampak lebih kewalahan dengan masalah tersebut dari rival-rivalnya.

“Tidak terasa bagus khususnya ketika kami melajut 300kpj dan kami meloncat-loncat 30-40mm naik turun tidak beraturan,” kata pebalap Ferrari Charles Leclerc.

“Semoga, itu diatasi dan bukan sesuatu yang ingin kami alami.” seperti dikutip Antara, Kamis (10/3/2022)

Pebalap Inggris George Russell, yang menjalani musim pertamanya menjadi tandem juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton di Mercedes, mengatakan porpoising bisa menjadi masalah keselamatan.

Dia mengatakan bahwa suspensi aktif, yang membantu mobil membelok di tikungan dengan program software untuk memaksimalkan grip dan performa, bisa diperkenalkan sebagai solusi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button