Olahraga

Belgia Vs Portugal, Peringkat 1 Dunia Lawan Juara Bertahan, Siapa Menang?

INDOPOSCO.ID – Belgia yang berperingkat satu dunia bersama skuad generasi emasnya terlalu dini bertemu dengan juara bertahan Portugal yang susah payah lolos ke-16 Besar Euro 2020 ketika keduanya bertemu dalam laga 16 besar di Estadio de la Cartuja di Sevila, Spanyol, Senin dini hari pukul 02.00 WIB.

Perjalanan kedua tim ke 16 besar bagai bumi dan langit. Belgia mulus melangkah setelah memenangkan semua laga fase grupnya dengan menyarangkan tujuh gol dan tak sekali pun kebobolan. Portugal juga mencetak tujuh gol tapi kebobolan enam gol. Portugal juga nyaris tersisih setelah hampir saja dikalahkan Prancis dalam laga fase grup terakhirnya.

Belgia menjalani laga 16 besar ini dengan waktu istirahat satu hari lebih panjang. Ini membuat tim lebih segar, terutama trio emas lapangan tengah, Kevin De Bruyne, Eden Hazard dan Axel Witsel.

Pengaruh ketiga pemain ini demikian besar sampai Denmark yang barus saja memastikan ke perempatfinal setelah menggunduli Wales 4-0, hampir menjungkalkan mereka di Copenhagen dalam laga fase grup kedua setelah intervensi de Bruyen yang membalikkan laga itu menjadi kemenangan 2-1 untuk Belgia.

Dalam laga terakhir melawan Finlandia, pelatih Roberto Martinez mengistirahatkan ketiga pemain itu agar mengumpulkan energi guna menghadapi 16 besar yang diketahui kemudian harus melawan Portugal.

Pelatih Portugal Fernando Santos sendiri mengaku sudah menemukan titik lemah Belgia, tapi akan disimpan hanya untuk dia dan timnya.

“Saat ini saya tidak akan membicarakan kelemahan mereka karena saya tak ingin mereka mengetahui apa yang saya pikirkan,” kata Santos seperti dikutip AP. “Ada hal-hal yang bisa kami eksplorasi. Pertandingan (Belgia) melawan Denmark menunjukkan sejumlah kelemahan mereka.”

Namun Santos mengakui keluwesan Belgia dalam memainkan berbagai formasi yang semuanya efektif. Belgia, sebut Santos, dengan mudah berganti formasi 3-4-3 menjadi formasi lima bek atau menjadi 3-4-1-2. Dan semua itu menghasilkan nilai maksimal. Rata-rata dua gol dalam satu pertandingan, tapi tak pernah kebobolan, adalah buktinya.

Meskipun demikian Santos yakin Portugal bisa membalikkan semua taksiran yang memihak Belgia. Apalagi dia bisa memasang siapa pun yang dia suka setelah skuadnya terbebas dari krisis cedera.

Danilo Pereira, bek kanan Nelson Semedo, dan bek kiri Nuno Mendes, semuanya sudah berlatih lagi sehingga siap saat menghadapi Belgia nanti.

Portugal juga masih mengandalkan Ronaldo yang tak kunjung berhenti mencetak rekor individual. Lima golnya selama putaran final Euro 2020 membuatnya menyamai catatan 109 gol striker Iran Ali Daei yang merupakan rekor gol terbanyak sepanjang masa yang dicetak seorang pemain untuk timnasnya.

Prediksi sebelas pemain pertama:

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Youri Tielemans, Axel Witsel, Thorgan Hazard; Kevin de Bruyne, Eden Hazard; Romelu Lukaku

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho, Danilo Pereira, Renato Sanches; Andre Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota

Skenario Pertandingan

Kecuali bek sayap Timothy Castagne yang cedera rongga mata, Belgia menatap laga melawan Portugal dengan skuad penuh, termasuk gelandang bertahan Axel Witsel. Mereka akan memasang formasi 3-4-2-1 di mana kiper Thibaut Courtois menjadi penjaga terakhirnya.

Untuk mengawal Courtois, ada triumvirat bek tengah Toby Alderweireld, Dedryck Boyata dan Jan Vertonghen. Keunggulan fisik dan keperkasaan mereka dalam duel udara bisa membuat Ronaldo tak berkutik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button