Nusantara

BP3OKP Ingatkan agar Dana Desa Tidak Hanya Fokus Bangun Infrastruktur

INDOPOSCO.ID – Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) mengingatkan pemerintah desa agar tidak menggunakan Dana Desa hanya fokus pada pembangunan infrastruktur fisik.

Anggota BP3OKP Perwakilan Papua Barat Irene Manibuy di Manokwari, Selasa (2/7/2024), mengatakan aparatur pemerintah desa perlu diberikan penguatan kapasitas dalam menyusun program yang lebih inovatif.

Hal tersebut agar pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) dapat menjadi perhatian melalui penyusunan rencana program yang menggunakan alokasi Dana Desa.

“Padahal Dana Desa bisa dioptimalkan untuk mengatasi masalah pendidikan dan kesehatan di desa. Investasi jangka panjang itu investasi SDM, mutu manusianya,” ucap Irene seperti dikutip Antara.

Menurut dia, pemerintah daerah melalui instansi teknis harus proaktif membantu aparatur pemerintah desa sehingga penyusunan program pengembangan SDM desa mendapatkan porsi yang cukup.

Berbagai permasalahan seperti anak kekurangan gizi dan anak putus sekolah sudah semestinya menjadi perhatian pemerintah desa supaya sama-sama memperbaiki kualitas SDM generasi mendatang.

“Aparatur desa masih perlu mendapat penguatan pemahaman tata kelola anggaran agar penyaluran Dana Desa memberikan manfaat yang luas,” ucap Irene.

Meski demikian, kata dia, penggunaan Dana Desa yang dialokasikan setiap tahun wajib mengikuti pedoman dan ketentuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button