Nusantara

Pemkab Kediri Beri Bantuan Drone Pertanian untuk Menarik Minat Milenial

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, Jawa Timur, memberikan bantuan lima drone pertanian untuk petani di Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, sebagai upaya mengembangkan sektor pertanian sekaligus menarik milenial untuk bertani.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan dari sekitar 145.000 petani di Kabupaten Kediri, mereka yang berasal dari kalangan milenial terbilang masih rendah, sekitar 8 persen. Drone pertanian bisa membantu petani untuk pemupukan dan penyemprotan sehingga memudahkan kerja mereka.

“Drone ini menjadi satu hal yang baru. Kalau sudah jalan lima tahun, 10 tahun, drone ini akan menjadi hal yang biasa,” katanya di Kediri, seperti dilansir Antara, Jumat (28/6/2024).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo menambahkan, selain drone pertanian, pemerintah juga memberikan beberapa kebutuhan untuk pertanian lainnya seperti genset. Petani Purwoasri juga mendapatkan dua traktor roda dua rotary.

Untuk penyerahan bantuan itu, kata dia, diberikan secara bertahap. Namun, dengan jeda tidak lama bantuan bisa sampai ke petani sehingga bisa secepatnya dimanfaatkan untuk bertani.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Maju Satu Pandansari, Sutrimo mengatakan drone ini tentunya sangat membantu petani. Diharapkan dengan drone ini, pemupukan hingga penyemprotan hama bisa lebih maksimal, sehingga produktivitas pertanian nantinya juga bisa lebih optimal.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button