Nusantara

Tumbuhkan Ekonomi Langsung, Festival Pesona Aekhula Hadirkan Wisatawan Asing

INDOPOSCO.ID – Pelaksanaan Festival Aekhula (FPA) 2024, di Pantai Gu”u Sirombu, Minggu (26/5/2024) berakhir dengan meriah. Bagaimana tidak, kegiatan yang digelar selama lima hari (22-26 Mei 2024) tersebut membuat pantai yang selama ini sunyi, disulap menjadi lautan manusia. Tidak hanya masyarakat Nias Barat yang tupekblek, namun dari tiga kabupaten dan 1 kota sekepulauan Nias lainnya turut menikmati hiruk pikuk pelaksanaan Karisma Even Nusantara (KEN) tersebut.

“Saya sangat berterimakasi kepada semua masyarakat yang hadir menikmati pelaksanaan KEN Festival Pesona Aekhula. Sejak pembukaan 22 Mei lalu, sampai hari ini 26 Mei, saya melihat semua orang bahagia. Yang jualan semua laku, pembeli juga menikmati,” ujar Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dalam sambutannya pada pemenutupan FPA, Minggu (26/5/2024).

Rangkaian kegiatan yang dijadwalkan panitia tari tradisional, tari kreasi, tarik suara, lomba lari, tarik suara, kerajinan tangan, kuliner dan stan pameran, semua berjalan baik dan memberikan dampak langsung pada pertumbuhan ekonomi.

“Even yang berlangsung dari 22 sampai 26 Mei 2024 berjalan dengan sukses dan hati ini merupakan puncak acara dan sekaligus penutupan semua rangkaian acara FPA,” katanya.

Bupati berharap, even seperti dilakukan berkesinambungan, apalagi Nias barat masuk dalam 110 Karisma Event Nasional (KEN).

“Even Festival Aekhula masuk dalam 110 KEN, dan Nias Barat masuk bersama 110 daerah diseluruh Indonesia. Ini kebanggaan Nias Barat dalam melaksanakan event Aekhula,” ujarnya.

Dikatakan, Pemerintah daerah, Nias Barat sebagai salah satu daerah yang memiliki kepariwisataan baik itu alam maupun budaya.

Nias itu memiliki keunikan wisata dan memiliki daya tarik budaya yang tinggi dengan berbagai atraksi wisata alam, adat istiadat dan menjunjung tinggi kearifan lokal.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button