Nusantara

Lahar Dingin Kerinci Timbun Sawah Warga Gunung Tujuh

INDOPOSCO.ID – Sekitar 10 hektare lahan sawah milik warga di Desa Sungai Rumpun Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Jambi, tertimbun lahar dingin Gunung Kerinci setelah erupsi Gunung Kerinci beberapa waktu terakhir.

“Sawah dan Sungai Rumpun ini memang jalur aliran lahar dingin dari Gunung Kerinci. Sehingga jika ada erupsi Gunung Kerinci yang mengeluarkan abu vulkanik jika hujan dan banjir maka lahar masuk ke desa kami,” kata Kepala Desa Sungai Rumpun Herman di Kerinci, Selasa.

Luapan lahar dingin yang menimbun persawahan warga ini karena jalur sungai yang membelah desa tersebut dangkal. Selain sawah, lahar dingin juga menimbun aliran Sungai Rawa Bento.

Baca Juga : Waspada Aktivitas Vulkanik Gunung Ijen Meningkat

“Untuk kali ini erupsi mulai sebulan lalu setiap hujan atau banjir membawa lahar dingin dari puncak Gunung Kerinci. Jalur sungai yang dangkal menyebabkan lahar dingin melimpah ke areal persawahan lebih kurang 10 hektare sudah tertimbun lahar dingin,” katanya.

Dia menyebutkan saat ini aktivitas warga bertani seperti biasa sebab area persawahan yang tertimbun lahar dingin itu berada di ujung muara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button