Nusantara

Waspada Aktivitas Vulkanik Gunung Ijen Meningkat

INDOPOSCO.IDBadan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) RI menetapkan status Gunung Ijen naik dari level I normal menjadi level II waspada setelah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik.

Gunung Ijen yang berbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, itu status dari normal naik jadi waspada sesuai rilis resmi Badan Geologi pada Kementerian ESDM, Nomor 1, Lap/GL.03/BGL./2023 tertanggal 7 Januari 2023.

“Benar, sesuai rilis resmi Badan Geologi pada Kementerian ESDM, per hari ini pukul 14.00 WIB status Gunung Ijen dari normal naik menjadi waspada,” Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Suparjan saat dihubungi di Banyuwangi, Sabtu (8/1/2023) malam.

Menurut dia, peningkatan aktivitas vulkanik gunung api yang memiliki ketinggian 2.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terpantau suhu air danau Kawah Ijen pada bulan Desember 2022 terukur 16 derajat celcius, dan pada 5 Januari 2023, pemeriksaan kawah menunjukkan suhu air danau kawah meningkat menjadi 45,6 derajat celcius.

Berdasarkan pengamatan visual dan instrumental periode 1 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023, cuaca di Gunung Ijen cerah hingga hujan, angin bertiup lemah hingga kencang ke arah Timur, Selatan, dan Barat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button