Nusantara

Erupsi dan Guguran Masih Terjadi di Gunung Semeru

INDOPOSCO.ID – Aktivitas erupsi/letusan dan guguran masih terjadi di Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

Berdasarkan laporan tertulis yang dibuat petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Yadi Yuliandi di Gunung Sawur, pada Senin pukul 00.00-06.00 WIB menyebutkan bahwa terjadi 25 kali erupsi dengan amplitudo 11-23 mm dengan lama gempa 70-200 detik.

“Berdasarkan pengamatan kegempaan, juga terjadi satu kali guguran dengan amplitudo 4 mm dan lama gempa 50 detik,” tuturnya.

Berita Terkait

Menurutnya, aktivitas Gunung Semeru juga tercatat mengalami dua kali harmonik dengan amplitudo 2-4 mm dengan lama gempa 275-315 detik, kemudian dua kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 11-25 mm.

“Secara visual, Gunung Semeru terlihat jelas. Asap kawah tidak teramati, cuaca cerah, angin lemah ke arah utara dan timur laut,” katanya.

Sedangkan aktivitas Semeru untuk periode Senin pukul 06.00-12.00 WIB secara visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut, asap kawah tidak teramati, cuaca cerah hingga berawan, angin lemah hingga sedang ke arah utara dan timur laut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button