Nusantara

Jambi Miliki Potensi Ekspor Ikan Patin

INDOPOSCO.ID – Provinsi Jambi yang dilewati Sungai Batang Hari jadi salah satu daerah yang memiliki potensi besar dalam menghasilkan ikan patin (pangasianodon hypophthalmus) untuk bisa di ekspor luar negeri.

“Karena saat ini dunia internasional khususnya di Jepang, komoditas ikan dori atau yang sama dengan ikan patin itu, kini sudah jadi komoditi unggulan Negeri Sakura tersebut, maka Jambi bisa dan berpotensi besar menjadikan ikan patin sebagai komoditi baru,” kata Ketua Umum DPP (Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia​) ​​​​​​IPKANI Herman Khaeron, usai melantik DPD-IPKANI Provinsi Jambi masa bakti 2022-2026, di Jambi, Senin.

Jambi salah satu keunggulannya adalah ikan patin dan sampai saat ini sudah kelebihan produksi, sehingga harganya relatif jauh di bawah daerah lainnya. Karena itu harus mencari solusi bagaimana untuk meningkatkan harga.

Ikan patin saat ini, kata dia, lagi tren di internasional karena daging ikan patin itu sama seperti ikan dori di Jepang yang menjadi primadona dan cukup bernilai harganya.

Herman juga mengatakan kuaalitas rasa ikan patin Jambi memiliki keunggulan tersendiri mengingat Jambi tidak memiliki laut tetapi di sungainya menjadikan ikan sebagai unggulan. Jika ikan patin itu dikembangkan kedepannya maka bisa menjadi pendapatan baru daerah dan jadi komoditas baru yang bisa mensejahterakan masyarakat, katanya.

“Sektor perikanan merupakan salah satu ujung tombak maka penyuluh perikanan juga harus berperan penting dalam memajukan bidang perikanan di Indonesia, termasuk di Jambi,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button