Headline

Ancaman Gejolak Perang Dagang di 2023 Perlu Diantisipasi

INDOPOSCO.ID – Peneliti Bidang Ekonomi The Indonesian Institute (TII) Nuri Resti Chayyani mengatakan perlu adanya langkah antisipatif untuk menghadapi gejolak perang dagang internasional yang dapat berdampak terhadap perekonomian dalam negeri pada tahun depan 2023.

Adapun perang dagang yang dimaksud adalah antara Amerika Serikat (AS) dan China yang juga merupakan mitra dagang terbesar Indonesia, kata dia saat dihubungi oleh Antara di Jakarta, Senin.

“Yang masih perlu diantisipasi (pada 2023) adalah adanya gejolak perang dagang antara China dan Amerika Serikat yang akan mengguncang pertumbuhan ekonomi kita,” kata Nuri.

Berita Terkait

Sebagai informasi perang dagang antara kedua negara tersebut mulai bergejolak kembali sejak tahun 2018, yang mana keduanya berlomba-lomba menaikkan bea masuk impor untuk meningkatkan kinerja neraca perdagangan.

Selain itu, lanjut dia, Indonesia perlu mengantisipasi adanya kemungkinan kenaikan harga pangan dan energi di tingkat global pada 2023, mengingat adanya ketergantungan dalam negeri terhadap beberapa jenis komoditas tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button