Nusantara

Dokter di Aceh Diperintahkan Edukasi Warga soal Gagal Ginjal Akut

INDOPOSCO.ID – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh memerintahkan seluruh dokter di provinsi paling barat Indonesia itu untuk mengedukasi masyarakat tentang penyakit gangguan ginjal akut yang tengah merebak di Indonesia.

“Ini harus kita sebarkan kepada masyarakat agar mengetahui dan mengerti apa yang terjadi pada anaknya, seandainya mengalami gejala gangguan ginjal akut ini,” kata Ketua IDI Wilayah Aceh Safrizal Rahman di Banda Aceh, Senin (24/10), seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan kasus gangguan ginjal akut sudah banyak ditemukan di Aceh. Hingga (22/10), IDAI Cabang Aceh mencatat terdapat 29 anak yang menderita gangguan ginjal akut dan 22 anak di antaranya telah meninggal dunia.

Berita Terkait

Baca Juga : Wali Kota Bogor Minta IDI Teliti Peningkatan Penyakit Regeneratif

Oleh sebab itu, IDI perlu mengimbau seluruh dokter yang berperan sebagai kepala dinas, direktur rumah sakit, dan kepala Puskesmas untuk mengaktifkan seluruh unit penyuluhan guna mengedukasi masyarakat agar waspada terhadap bahaya gangguan ginjal akut.

“Sejauh ini ada 22 angka kematian, dan kemungkinan ini akan bertambah,” kata Safrizal.

Ia menjelaskan dugaan sementara penyakit gagal ginjal akut dari zat etilen glikol dan dietilen glikol dalam obat sirop, yang dianggap menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan ginjal secara akut sehingga disebut gangguan ginjal akut, dan umumnya terjadi pada anak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button