Nusantara

Gunung Mas Optimalkan Pendataan Sasaran Intervensi Stunting Daerah 3T

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengoptimalkan pendataan sasaran intervensi penanganan stunting terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

“Kalau kita ingin menurunkan angka stunting, kita harus mengetahui dulu secara tepat dan menyeluruh sasaran prioritas intervensi, sehingga Ini harus didukung data yang kuat dan sahih,” kata Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing seperti dikutip Antara, Minggu (25/9/2022).

Untuk itu, dia meminta kepala desa dan lurah serta Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) setempat bekerja sama melakukan pendataan terutama di daerah 3T.

Apalagi, berdasarkan data yang ada di aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) per Agustus 2022, status stunting mengalami peningkatan jika dibandingkan 2021 lalu.

Pada 2021 lalu, dari jumlah sasaran 2.552 balita ada 31 balita masuk kategori sangat pendek, 119 balita masuk kategori pendek, 1.678 balita masuk kategori normal, empat balita masuk kategori tinggi, dengan angka stunting 8,19 persen.

Sedangkan data Agustus 2022, ada 2.238 balita sudah diukur. Dari jumlah itu, sebanyak 68 balita masuk kategori sangat pendek, 195 balita masuk kategori pendek, 1.967 balita normal, dan delapan balita masuk kategori tinggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button