Nusantara

Optimistis Dana Desa Mampu Atasi Kemiskinan di Lebak

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Provinsi Banten optimistis pencairan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat mampu mengatasi kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi di daerah itu.

“Kami mendorong DD dapat menyejahterakan masyarakat desa,” kata Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, saat penutupan lokakarya aparatur desa di Citorek, Kabupaten Lebak, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (10/9).

Melalui penyaluran DD yang digulirkan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2014, katanya, membuat Kabupaten Lebak saat ini terbebas dari status sebagai daerah tertinggal.

Baca Juga : Selama Sepekan, Ada Lima Warga Badui Digigit Ular Berbisa, Satu Orang Tewas

Saat ini, kata dia, infrastruktur di desa- desa di daerah ini relatif baik, seperti jalan desa dan jalan lingkungan, termasuk jembatan semi permanen dan jembatan gantung.

Selain itu, kata dia, pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan menjadi lebih baik, karena DD bisa dialokasikan untuk pelatihan dan pembinaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Oleh karena itu, katanya, pemerintah daerah optimistis pencairan DD dapat mengatasi persoalan masyarakat kecil dan pengangguran, terkait penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

“Kita diperkirakan mendapatkan DD sekitar Rp250 miliar untuk 340 desa dan dipastikan dapat menggulirkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Ade.

Dia menyebutkan khususnya DD yang dialokasikan APBN itu, masing-masing desa menerima antara Rp700 juta-Rp1,2 miliar dengan prioritas penggunaan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button