Nusantara

Dairi Kembangkan Budidaya Ikan Batak di Tao Silalahi

INDOPOSCO.ID – Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, melakukan pengembangan budidaya Ihan Batak (Ikan Batak) di Tao Silalahi, yang tahap awal ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan kolam konservasi di Desa Paropo II, Kecamatan Silahisabungan.

Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Yayasan AUR Dairi Menenggoi, yang diketuai Dimitry Berutu yang prihatin atas keberadaan populasi Ihan Batak, sebagai ikan purba endemik Danau Toba.

Terkait hal tersebut, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Sidikalang, Sabtu, menjelaskan, ikan air tawar yang punya nilai budaya tinggi dari zaman dahulu yang biasa dimanfaatkan orang Batak dalam kegiatan budayanya itu, kini populasinya sudah semakin sedikit.

Baca Juga : Ditinjau Presiden, Sarhunta di Pulau Samosir Siap Terima Wisatawan Danau Toba

Untuk itulah, kata bupati pemerintah bersama Yayasan AUR Dairi Menenggoi dan masyarakat selaku pemilik lahan bermitra.

“Ada dua bagian lagi yang membuat program ini sukses. Pertama Yayasan AUR Dairi Menenggoi yang menggagas dan menggulirkannya hingga banyak masyarakat komunitas internasional yang peduli akan konservasi ini. Pemerintah concern, bersama mitra dan sepakat melestarikan dan mengembalikan populasi ihan ini. Ini akan lebih sukses karena masyarakat pun ingin terlibat, ” katanya.

Adapun jumlah awal dalam melestarikan Ihan tersebut, Eddy Berutu menyebutkan pihaknya masih meletakkan hewan itu dalam bentuk embrio untuk ditempatkan di sebuah kolam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button