Nusantara

Petani, Lereng Sumbing, dan Kirab Budaya Puji Jagat

INDOPOSCO.ID – Para petani di lerang Gunung Sumbing, Dusun Lamuk, Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu, menggelar ritual Kirab Budaya Puji Jagat.

Ketua Panitia Kirab Puji Jagat Lukman Sutopo di Temanggung, Rabu, mengatakan, kegiatan ritual sudah dimulai sejak Selasa (12/7) malam dengan prosesi rakit sesajen, siram jamas.

Kegiatan diikuti perangkat desa, pelaku seni, yang dijamasi oleh pemangku adat kemudian dilanjutkan dengan Boyong Gongso dan pagi harinya dilakukan Kirab Puji Jagat.

“Kirab Puji Jaget merupakan ritual selamatan dusun, dengan berbagai rangkaian acara. Pertama upacara pembukaan dihadiri sesepuh desa, tokoh masyarakat, seniman, dan lain-lain. Selanjutnya dilakukan kirab keliling desa sampai dengan mata air Tuk Ringin. Pesertanya, antara lain seniman jaran kepang, reog, dan topeng ireng,” katanya.

Selain kelompok kesenian, kirab juga membawa tiga tumpeng nasi dan dua gunungan hasil bumi yang belum diolah, kemudian tumpeng darat hasil bumi yang sudah diolah menjadi kue, tumpeng, dan ingkung ayam.

Baca Juga: Menyaksikan Ritual Adat Tahunan Labuh Laut Sembonyo di Trenggalek

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button