Nusantara

Kerugian Akibat Puting Beliung di Lebak Capai Rp800 Juta

INDOPOSCO.ID – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan kerugian akibat puting beliung yang melanda Gunungkencana pada Senin (9/5) mencapai Rp800 juta.

“Kerugian material akibat bencana angin puting beliung tercatat sebanyak 93 rumah dan fasilitas umum, seperti sekolah dan tempat ibadah mengalami kerusakan,” kata dia di Lebak, seperti dikutip Antara, Jumat (13/5/2022).

Tiupan kencang puting beliung yang terjadi pada Senin (9/5), sekitar pukul 16.30 WIB itu, membuat warga Gunungkencana panik.

Bahkan, awan berwarna putih itu melingkar dan berputar- putar disertai angin kencang serta menerjang, antara lain rumah warga, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

Berdasarkan pendataan di lapangan, 93 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan kategori ringan, sedang, dan berat, di antaranya satu ruang SDN 1 Gunungkencana bagian atapnya roboh dan kaca jendela majelis taklim Miftahul Jannah pecah, serta kanopi gedung PGRI ambruk.

Selain itu, bagian atap Puskesmas Gunungkencana dengan bersebelahan gedung bekas UPTD PUPR Kabupaten Lebak juga terjadi kerusakan.

“Kami menghitung secara estimasi kerugian akibat angin puting beliung mencapai Rp800 juta,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button