Nusantara

BRIN Temukan Cecak Spesies Baru di Halmahera

INDOPOSCO.ID – Peneliti Zoologi dari Museum Zoologicum Bogoriense Pusat Penelitian Biologi Badan Riset Nasional dan Inovasi (BRIN) Awal Riyanto dan tim mengidentifikasikan cecak jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Cecak yang bernama Cyrtodactylus papeda tersebut diidentifikasi dari spesimen yang ditemukan pada 2016 dan 2018 oleh Fata H Faz dari Institut Pertanian Bogor.

“Secara genetik dan morfologi cecak ini mirip dengan spesies Melanesia yaitu Cyrtodactylus papuensis. Bedanya terlihat pada ukuran tubuhnya yang lebih besar, baris sisik besar paha lebih dari satu baris, dan alur precloacal yang dalam pada jantan,” kata Awal dalam siaran tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin (7/3/2022), seperti dilansir Antara.

Cecak papeda dapat ditemukan pada vegetasi rawa bakau, pinus, dan hutan sekunder yang berasosiasi dengan semak belukar.

Cecak tersebut biasanya aktif dan ditemukan di malam hari antara 30 sentimeter (cm) sampai 3 meter di atas tanah dan sebagian besar pada batang pohon.

1 2Laman berikutnya