Nusantara

Di Minahasa Utara, Puluhan KK Terendam Banjir dan Delapan Rumah Tertimbun Longsor

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan delapan rumah terkena dampak longsor dan 97 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa (1/3/2022) yang mengguyur Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

“Kerugian sementara yang dihimpun akibat bencana tersebut meliputi 8 rumah terdampak longsor, lahan pertanian, peternakan babi, peternakan ayam dan peternakan ikan. Sementara itu, BPBD Kabupaten Minahasa Selatan mencatat rumah yang terdampak banjir sebanyak 89 unit,” ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (5/3/2022).

Abdul mengatakan selain faktor cuaca, peristiwa longsor juga terjadi akibat struktur tanah yang labil. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Selatan mencatat wilayah terdampak banjir dan longsor meliputi Desa Sion di Kecamatan Tompaso Baru dan Desa Kapitu serta Kelurahan Kawangkoan Bawah di Kecamatan Amurang Barat.

Baca Juga: Puluhan Rumah Terendam Banjir di Kutai Barat, Kaltim

Sebagai upaya percepatan penanganan banjir dan longsor itu, BPBD Kabupaten Minahasa Selatan bersama unsur TNI, Polri, pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan relawan penanggulangan bencana telah berada di lokasi kejadian untuk kaji cepat, pendataan serta pembersihan material lumpur menggunakan pompa air.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button