Nusantara

Perajin Tahu di Kabupaten Kediri Putuskan Libur Produksi

INDOPOSCO.ID – Perajin tahu takwa “GTT” di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memutuskan untuk tidak produksi atau libur terlebih dahulu dari aktivitas membuat tahu, akibat harga kedelai yang mahal dan menurunnya penjualan di pasar.

“Kami memutuskan tidak produksi, pasarnya lesu. Kedua, harga kedelai juga mahal, daripada membuang tahu yang sudah jadi, kami tidak produksi dulu,” kata Pemilik CV Gudange Tahu Takwa (GTT) Gatot Siswanto di Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Rabu (23/2/2022), seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan libur itu rencananya akan dilakukan selama dua hari terhitung mulai Rabu-Kamis (23-24/2). Selain dirinya, tujuh mitra lainnya juga ikut libur.

Dirinya menjelaskan, libur itu terpaksa dilakukan karena harga kedelai yang semakin mahal mencapai Rp11 ribu per kilogram. Selain itu, pasar saat ini juga lesu, sehingga sementara waktu tidak produksi membuat tahu.

Baca Juga: Pengrajin Tahu Tempe Lebak Siap Mogok Produksi Tiga Hari

Selama libur, dirinya meminta seluruh pekerja untuk bersih-bersih alat. Dengan itu, pekerja juga tetap di pabrik, namun tidak membuat tahu.

Dirinya tidak mengetahui apakah pemilik usaha tahu lainnya juga melakukan hal yang sama seperti dirinya dan mitra yang harus libur sementara waktu, imbas harga kedelai mahal dan lesunya pasar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button