Nusantara

Dispar NTB Pastikan Ketersediaan Kamar Jelang MotoGP

INDOPOSCO.ID – Dinas Pariwisata (Dispar) Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan ketersediaan kamar untuk wisatawan di wilayah itu masih cukup menjelang perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

“Memang untuk hotel bintang dan home stay di Mandalika sudah full. Tapi di luar itu seperti di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur dan tiga Gili di Lombok Utara belum penuh,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi di Mataram, Rabu (16/2/2022), seperti dikutip Antara.

Yusron menegaskan, saat ini ketersediaan kamar mulai dari hotel, homestay dan camping ground untuk mendukung ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu mencapai 24.768 kamar.

Jumlah ini, kata dia, belum termasuk dengan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dan hotel terapung yang sedang disiapkan oleh PT Pelni mencapai 3.000 kamar dan perahu-perahu pinisi untuk mengisi kekurangan 100 ribu penonton.

“Sekarang okupansi kamar kita itu baru 35 persen dari jumlah 24.768 kamar. Artinya masih banyak kamar yang belum terisi,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Yusron, meski NTB masih kekurangan kamar hotel, pihaknya berharap bagi wisatawan yang ingin menonton MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Maret mendatang, tidak perlu khawatir tidak mendapatkan kamar karena sampai dengan saat ini penginapan masih cukup tersedia.

“Enggak perlu khawatir karena kamar masih cukup tersedia,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) NTB Jamaluddin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Rusunawa sebanyak 52 unit dengan 54 blok.

“Satu tempat itu ada dua kamar dengan dua tempat tidur,” ujarnya.

Rusunawa ini, kata dia, tersebar di sejumlah wilayah NTB, baik di Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Mulai dari Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Kabupaten Sumbawa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button