Nusantara

Jadi Ibu Kota Baru, Kata Gubernur Kaltim Warganya Tak Terganggu Pendatang

INDOPOSCO.ID -Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menerangkan masyarakat Kaltim mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tanpa merasa terganggu dan menolak kehadiran penduduk dari luar daerah.

“Masyarakat Kaltim itu sejak diumumkannya 26 Agustus 2019 oleh Bapak Presiden sudah mendukung penuh. Tidak ada masalah apalagi penolakan,” tutur Isran di Samarinda, Sabtu (22/1/2022).

Isran menjelaskan bahwa penduduk asli Kaltim dari bidang sejarah hanya sedikit, tidak sampai separuh dari jumlah seluruh penduduknya. Namun masyarakat Kaltim menerima saudara-saudara dari luar Kaltim dengan hidup berdampingan.

“Yang banyak itu pendatang, terutama dari Pulau Jawa sebanyak 35 persen. Lalu disusul Sulawesi sekitar 20 persen. Sisanya itu termasuk penduduk aslinya, Dayak, Kutai dan Banjar. Tapi mereka sudah hidup bersama,” bebernya.

Baca Juga : Berkaca dari Kecelakaan Balikpapan, Truk ODOL Jangan Lewat Jalan di IKN

Oleh sebab itu, dukungan terhadap rencana pembangunan IKN di rasa tidak ada masalah dan baginya apabila masyarakat Kaltim ingin dilibatkan adalah suatu perihal yang alami dan bukan untuk dipermasalahkan.

“Kalau perlu disesuaikan kapasitas masing-masing untuk melibatkan apa yang bisa dilakukan ya dilakukan,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button