Nusantara

Sebanyak 25 Calon Jamaah Umrah Perdana Riau diberangkatkan ke Makkah

INDOPOSCO.ID – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Mahyudin mengatakan sebanyak 25 calon jamaah umrah asal Riau perdana diberangkatkan mulai Senin (10/1/2022) dari bandara SSK II Pekanbaru ke Arab Saudi melalui Jakarta.

“Untuk jadwal keberangkatan‎ calon jamaah umrah menjadi kewenangan biro perjalanan umrah swasta/travel bukan Kemenag Riau,” kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin seperti dikutip Antara, Senin (10/1/2022).

Ia mengatakan calon jamaah umrah yang berangkat saat ini adalah calon jamaah umrah yang sudah mendaftar dua tahun yang lalu dan tertunda karena Covid-19. ‎Mereka semua sudah terdata dan diutamakan yang sudah mendaftar sejak 2 tahun yang lalu. Total 50 ribu orang se Indonesia yang mengantri untuk diberangkatkan.

Ia menjelaskan, umrah merupakan ibadah di Baitullah yang bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Arti umrah menurut bahasa adalah ziarah. Menurut ulama Hanafi dan Maliki, umrah hukumnya sunnah. Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman”.

Ibadah umrah merupakan ibadah ziarah ke kota Makkah dengan melaksanakan beberapa amalan mulai dari niat ihram, tawaf, sa’ i hingga diakhiri dengan memotong rambut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button