Nusantara

Saba Budaya Baduy, Relawan Ganjar Pranowo Minta Petuah Kepemimpinan

INDOPOSCO.ID – Kelompok Relawan Ganjarist Banten melakukan Saba Budaya Baduy guna meminta petuah kepemimpinan kepada Jaro di Baduy.

Koordinator Relawan Ganjar Pranowo, Uday Suhada mengatakan, kunjungannya bertujuan untuk mendapatkan petuah bijak dari para tetua adat Baduy. Terutama tentang menjaga alam di era modern.

“Saya dan teman-teman di Banten yang menaruh harapan besar kepada Pak Ganjar Pranowo melakukan saba budaya ke Baduy. Kami ingin mendapatkan pandangan dan saran dari para tetua adat Baduy,” katanya, Sabtu (8/1/2022).

Ia menyebutkan, kearifan lokal yang hidup dan berkembang di Baduy banyak yang patut diteladani. Selain itu, promosi tentang Peraturan Desa (Perdes) Kanekes Nomor 1 tahun 2007 tentang Saba Budaya Baduy dan Perlindungan Masyarakat Adat Tatar Kanekes (Baduy).

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat

“Karena selama ini masih banyak masyarakat luar yang menganggap bahwa Baduy itu salah satu objek wisata. Pemahaman semacam ini harus diluruskan. Sebab masyarakat adat Baduy adalah sebuah peradaban manusia, yang justru patut kita teladani. Misalnya bagaimana menjaga keseimbangan hidup dengan alam. Memanusiakan manusia dan memuliakan kehidupan,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button