Nusantara

Polisi Tangkap 33 Brandal Jalanan, Sembilan Sebagai Tersangka

INDOPOSCO.ID Polda Banten menetapkan tersangka terhadap sembilan brandal jalanan yang berasal dari duga kelompok geng. Meraka kerap membuat onar di jalanan dengan membawa senjata tajam (Sajam).

Bahkan, kedua kelompok geng Allstar dan Bikini Buttom itu kerap berjanjian secara random untuk tawuran di jalanan.

Kasundit Jatanras pada Ditreskrimum Polda Banten Kompol Akbar Baskoro mengatkan, penangkapan merupakan upaya pencegahan terjadinya tawuran. Sebab, sudah ada ajakan atau provokasi tantangan melalui media sosial.

Menurutnya, tindakan penangkapan yang dilakukan berdasarkan analisa pengalaman yang sudah terjadi. Mengingat, ada yang menyebabkan korban jiwa dari masyarakat akibat ulah dua kelompok tersebut.

“Keduanya telah janjian dan waktu, mereka akan aksi. Jadi random, kalau bertemu di titik. Mereka eksistensi,” katanya saat ungkap kasus di Mapolda Banten, Senin (20/12/2021).

Baca Juga : Eksekutor yang Begal Karyawati Basarnas Terciduk di Bogor

Ia menerangkan, ada sembilan orang yang ditetapkan tersangka, dari jumlah 33 orang yang ditangkap. Hal itu berdasarkan peranan dan kepemilikan sajam.

“Kami mempertimbangkan dari peranan, sementara yang lain hanya dihubungi ngumpul, yang lain bawa sajam. Itu yang jadi pertimbangan penetapan tersangka,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga menuturkan, dari sembilan orang yang ditetapkan tersangka, tujuh di antaranya merupakan anak di bawah umur.

“33 orang, 9 di antaranya pasti ditingkatkan statusnya sebagai tersangka. 7 dari 9 tersangka berstatus anak dan 2 dewasa,” tuturnya.

Menurutnya, modus mereka dengan mengumpulkan massa, mempersiapkan diri dan senjata tajam serta memprovokasi melalui media sosial.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button