Nusantara

Bea Cukai Jateng dan Aparat Terkait Lakukan Penegakan Hukum di Bidang Cukai

INDOPOSCO.ID – Sinergi antara Bea Cukai dengan lembaga pemerintah daerah dan aparat penegak hukum di wilayah Jawa Tengah terus menuai hasil positif. Lewat kerja sama positif tersebut, Bea Cukai berhasil lewat penindakan yang dilakukan terhadap barang-barang ilegal serta mengungkap kasus tindak pidana pencucian uang dari hasil peredaran rokok ilegal di wilayah Jawa Tengah.

Bea Cukai Jawa Tengah DIY bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memusnahkan sejumlah barang hasil penindakan periode tahun 2020. Kegiatan yang digelar pada Selasa (14/12) tersebut memusnahkan 88.014 keping pita cukai dan 6.870.960 batang rokok ilegal.

“Sebagian dari hasil penindakan merupakan hasil kerja sama antara Bea Cukai dengan Satpol PP Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan dana bagi hasil cukai hasil tembakau,” ungkap Muhamad Purwantoro, Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Jawa Tengah DIY.

Baca Juga : Jelang Akhir Tahun, Bea Cukai Lampaui Target Penerimaan

Purwantoro menambahkan bahwa barang yang dimusnahkan juga merupakan hasil sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya seperti TNI, POLRI dan Kejaksaan serta instansi terkait lainnya. “Sinergi tersebut akan terus diperkuat. Dalam periode 2021 Bea Cukai se Jateng DIY telah melakukan 478 penindakan dengan jumlah rokok yang diamankan mencapai 51,05 juta batang. Nilainya mencapai Rp40,78 miliar, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp26,74 miliar”, tambah Purwantoro.

Di kesempatan yang sama, Purwantoro juga mengungkapkan upaya tindak pidana pencucian uang dari kasus rokok ilegal yang berhasil dibongkar oleh Bea Cukai Bersama dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.

“Penyidikan kasus TPPU ini merupakan yang perdana dan hasil sinergi antara Bea Cukai dengan Kejaksaan Tinggi, khususnya Kejati Jawa Tengah”, ungkap Purwantoro. Lebih lanjut Purwantoro menyatakan bahwa penyidikan yang dilakukan di 2021 sebanyak 37 perkara dengan 37 tersangka. Sebanyak 36 perkara sudah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan (P-21), sementara 1 perkara di antaranya merupakan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Baca Juga : Optimalkan Ekspor Nasional, Bea Cukai Sinergi dengan Berbagai Pihak

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button