Nusantara

Polisi Tangkap 5 Penambang Emas Ilegal di Musi Rawas Utara

INDOPOSCO.ID – Aparat kepolisian resor (Polres) Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, kembali menangkap 5 orang tersangka penambangan emas ilegal di kabupaten ini melalui operasi penyergapan senyap.

Kelima tersangka itu berinisial, O (41) warga Solok Sumatera Barat, A (24) Mandailing Natal Sumatera Utara, J warga Siborong sedangkan A (31) dan AH (46) warga di Desa Jangkat, Rawas Ulu, Musi Rawas Utara yang sekaligus tempat dimana mereka ditangkap.

Kepala Polres Musi Rawas Utara AKBP Eko Sumaryanto mengatakan penangkapan ini serentetan dengan operasi senyap sebelumnya yang berhasil menangkap 6 orang tersangka penambangan emas ilegal di Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya.

Baca Juga: Polda Kalbar Tangkap 26 Penambang Emas Ilegal

Dalam operasi penangkapan di Desa Jangkat ini polisi menemukan aktivitas penambangan ilegal yang sudah sangat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Alasannya mereka menggali dengan menggunakan alat berat untuk kemudian dari galian itu disedot dengan alat dompeng untuk mendapatkan butiran emas. Akhirnya tanah di sepanjang aliran sungai jadi berlubang seperti kawah.

“Meresahkan warga lantaran air sungai menjadi keruh. Kami harap warga untuk bersabar untuk itu. Sebab kami masih memiliki target lainnya di sejumlah titik terkait aktivitas dompeng emas ini,” ucapnya, seperti dikutip Antara, Kamis (9/12/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button