Nusantara

BPBD Ingatkan Bahaya Longsor di Selatan Cianjur

INDOPOSCO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mengimbau warga di wilayah selatan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, seiring masuknya puncak musim hujan yang dapat memicu terjadinya bencana alam banjir dan longsor.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo saat dihubungi, Senin, mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, puncak musim hujan akan terjadi pada Desember hingga Januari, merata di seluruh Indonesia termasuk di Cianjur, sehingga berpotensi terjadinya bencana.

“Wilayah selatan merupakan wilayah zona merah bencana yang setiap musim hujan rentan terjadi bencana alam longsor, banjir, pergerakan tanah, gelombang tinggi hingga puting beliung. Sehingga kewaspadaan warga di selatan dan wilayah lainnya harus lebih ditingkatkan,” katanya.

Pihaknya mencatat selama satu pekan terakhir, bencana alam longsor melanda sejumlah kecamatan di wilayah selatan, seperti Campaka Mulya, Sukanaraga, Pagelaran, Sindangbarang, Cidaun dan Kecamatan Takokak, dimana longsor terjadi setelah hujan turun deras dengan intensitas lebih dari 5 jam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button