Nusantara

Polda DI Yogyakarta Ungkap Pelaku Peretas Aplikasi My BCA

INDOPOSCO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil mengungkap pelaku tindak pidana siber dengan modus operandi peretasan aplikasi perbankan dalam hal ini aplikasi My BCA.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditrekrimsus) Polda DI Yogyakarta berhasil meringkus dua pelaku masing-masing berinisial LG dan PD yang meretas aplikasi My BCA milik korban Puspa Wardhani, warga Yogyakarta.

Kabid Humas Polda DI Yogyakarta
Kombes Yuliyanto, menjelaskan bahwa dari tangan pelaku petugas Ditrekrimsus Polda DI Yogyakarta berhasil menyita barang bukti berupa 6 buah telepon genggam (Handphone) yang dipakai tersangka LG untuk berkomunikasi dalam menjalankan transaksi kejahatan yang dilakukannya.

Selain itu, kata Yulianto, penyidik juga menyita 8 buah ATM termasuk rekening atas nama LG.

Baca Juga: Ini Lima Tips Hindari ‘Ransomware’

“Satu unit mobil dari hasil melakukan tindak pidana peretasan. Sejumlah dokumen pendukung yang disita petugas Ditreskrimsus Polda DI Yogyakarta dari tangan tersangka LG,” ujar Yuliyanto, pada saat konferensi pers, di Mapolda DI Yogyakarta, Jumat (5/11/2021).

Yuliyanto mengatakan, dalam mengungkap kasus ini Ditrekrimsus Polda DI Yogyakarta melakukan langkah-langkah berupa pemeriksaan korban, saksi dan melakukan pemeriksaan saksi Bank BCA serta analisa digital forensik terhadap aplikasi perbankan yang telah diretas oleh pelaku.

“Ditemukan adanya satu akses ilegal ke aplikasi perbankan milik korban yaitu pada hari Jumat tanggal 10 September 2021 sekitar pukul 15.33 WIB,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button