Nusantara

HUT Ke-21 Provinsi Banten, Gubernur WH Paparkan Capaian Pembangunan

INDOPOSCO.ID – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Provinsi Banten dilaksanakan dengan menggelar Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Banten. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Wahidin Halim (WH) memaparkan capaian pembangunan selama kepemimpinannya dengan Wakil Gubernur (Wagub) Andika Hazrumy.

Gubernur WH memaparkan keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam menangani pandemi Covid-19.

Menurut WH, secara umum, sudah banyak pencapaian positif dalam bidang pembangunan, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian, investasi dan lain-lain.

Perkembangan bidang kesehatan, utamanya penanganan Covid-19, saat ini menunjukkan kinerja positif. Positivity rate hanya 6,3 persen, Bed Occupancy Rate (BOR) turun dari 98 persen jadi 4,2 persen, tingkat kesembuhan mencapai 96 persen, dan yang meninggal di bawah 2 persen. Dikatakan juga, saat ini Provinsi Banten sudah memasuki zona risiko penularan rendah, namun demikian tetap harus waspada dan menjaga protokol kesehatan.

Diakuinya, pada tahun pertama masa pandemi, perekonomian Banten pada tahun 2020 tumbuh negatif 3,38%. Pada triwulan II 2021, pertumbuhan ekonomi melejit sampai 8,95% atau di atas rata-rata nasional yang mencapai 7,07%.

Pencapaian tersebut, lanjut Gubernur WH, tidak lepas dari geliat investasi dengan realisasi sebesar Rp 62 triliun pada tahun 2020 dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 73 ribu orang. Tren positif juga terlihat pada Semester I tahun 2021 sebesar Rp 31 triliun dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 37 ribu orang dan menempatkan Banten menjadi daerah tujuan investasi terbaik keempat secara nasional.

Dikatakan, dari sisi inovasi dalam bidang pemerintahan, pada tahun 2020 peringkat 5 besar dalam Inovative Government Award dan peringkat 6 dalam indeks daya saing daerah. Provinsi Banten juga meraih prestasi juara satu Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna unggulan tingkat nasional tahun 2021.

“Terkait pendapatan asli daerah Pemprov Banten pada tahun 2020 mencapai Rp 5,87 triliun atau 96,2 persen dari target Rp 6,1 triliun. Dalam rangka penyelamatan Bank Banten, Pemprov Banten bersama DPRD telah mengambil langkah strategis yaitu dengan melakukan penyertaan modal sebesar Rp 1,55 triliun,” ungkap Gubernur WH.

Terkait pembangunan infrastruktur, lanjutnya, Pemprov Banten tetap fokus menuntaskan target kinerja sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD 2017-2022).

Pembangunan sport center, pada September 2021 sudah mencapai 74 persen. Pembangunan juga dilaksanakan pada pembangunan RSUD delapan lantai dengan 215 ruang rawat inap, 10 ruang ICU, ruang laboratorium, dan rehabilitasi medik. Targetnya, sudah dapat dimanfaatkan pada akhir tahun 2021 dan menjadi rumah sakit pendidikan dan rujukan regional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button