Nusantara

Baznas Apresiasi Pengumpulan Sedekah ASN Banten

INDOPOSCO.ID – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lebak, Banten, menyambut positif adanya kegiatan sedekah Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membantu kaum dhuafa dan fakir miskin dalam menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-21 Provinsi Banten.

“Kami dari Baznas menyambut positif kegiatan sedekah ASN untuk membantu kaum dhuafa yang membutuhkan. Kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh buat yang lain untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” terang Adjibulwathoni, pengurus Baznas Kabupaten Lebak kepada INDOPOSCO, Rabu (29/9/2021).

Menurut Adjib yang juga tokoh masyarakat Kabupaten Lebak ini, pengumpulan sedekah tidak harus selalu oleh Baznas, namun juga dapat dilakukan oleh perseorangan dan organisasi, sepanjang tidak ada unsur paksaan dan bertujuan untuk dibagikan kembali kepada yang membutuhkan.

”Hanya kalau pengumpulannya melalui Baznas tercatat dalam Simba (Sistem Informasi Menajemen Baznas). Tapi kalaupun itu dilakukan oleh organisasi ASN tudak ada masalah,” cetusnya.

Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Panggarangan, Kabupaten Lebak, Ujang Witanwi mengucapkan terima kasih atas pengumpulan sedekah ASN dalam menyambut peringatan 21 tahun berdirinya Provinsi Banten.

”Sebagai ungkapan rasa syukur kami terhadap kesejahteraan tenaga pendidik selama dipimpin oleh pak Gubernur Wahidn Halim, kami bisa menyisihkan sedikit rejeki untuk berbagai kepada kaum dhuafa melalui pengumpulan sedekah tanpa ada paksaan. Kami semuanya ikhlas,” ucapnya.

Ujang menambahkan, alasan pengkoordiniran pengumpulan sedekah ASN ini karena yang lebih tahu titik titik mana dan masyarakat mana nantinya yang akan menerima bantuan dalam bentuk Sembako itu adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

”Justru kalau penyerahan bantuannya dilakukan oleh pemprov akan lebih tepat sasaran, karena pemprov pasti punya data yang akurat terkait dengan penyaluran bantuan yang berasal dari ASN tersebut,” kata dia.

Sementara Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Falati mengaku senang adanya imbauan kepada ASN untuk bisa berbagi di HUT Provinsi Banten.

”Yang namanya imbauan tidak wajib. Namun, guru guru sangat antusias memberikan sedekah.Mudah mudahan bisa bermanfaat untuk warga yang membutuhkan,” kata dia yang juga ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMKN Kabupaten Lebak ini.

Menurut Falati, salah satu alasan para guru antusias mengumpulkan uang sedekah dalam menyambut HUT ke-21 Provinsi Banten ini hanya di zaman kepemimpinan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy kesejahteraan guru, tenaga pengawas dan kepala sekolah meningkat signifikan karena adaya uang Tukin (tunjungan kinrja) yang besar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button