Ekonomi

Program Pesantrenpreneur Bangun Kemandirian Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program Pesantrenpreneur menjadi upaya untuk membangun kemandirian ekonomi pesantren dan peningkatan keterampilan santri yang bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

“Program Pesantrenpreneur juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kemandirian ekonomi pondok pesantren dan pula sebagai penggerak ekonomi masyarakat sekitar lingkungan pesantren,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (29/9), seperti dikutip Antara.

Airlangga menyampaikan seorang santri dalam generasi saat ini haruslah memiliki jiwa kewirausahaan, memiliki keterampilan atau skill tertentu yang dibutuhkan masyarakat, pintar dan dapat memanfaatkan peluang, memanfaatkan jaringan untuk berkolaborasi, dan mampu menggunakan teknologi.

Menurutnya, sebagai institusi yang berasal dari masyarakat dan berada di tengah-tengah masyarakat, keberadaan pesantren selain memberikan pendidikan keislaman, pesantren juga harus menjadi institusi yang dapat memberdayakan masyarakat, terutama di bidang ekonomi.

Pesantrenpreneur dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seperti memasarkan produknya melalui UKM Mart, menawarkan jasa seperti membuka pom bensin mini, serta pesantren juga dapat menggunakan kelembagaan usaha melalui Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) yang saat ini proses pendiriannya dipermudah sebagaimana diatur dalam UU Cipta Kerja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button