Nusantara

Di Antara Cabe dan Jahe, Ada 13.000 Tanaman Ganja. Wow!

INDOPOSCO.ID – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI bersama tim gabungan dari berbagai unsur kembali menggelar operasi pemusnahan ladang ganja. Setelah wilayah di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatara Utara (Sumut) pada akhir Agustus 2021, kali ini sasaran ditujukan di Dusun Alue Garot Desa Teupin Reusep Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Aceh pada Rabu (8/9/2021).

Dalam operasi tersebut, Tim Gabungan BNN menemukan dua titik ladang ganja dengan luas masing-masing sebesar satu hektare (ha). Secara geografis, posisi ladang ganja berada di ketinggian 222 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan 240 mdpl.

Untuk mencapai lokasi, tim gabungan menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Lhokseumawe menggunakan kendaraan roda empat yang dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1,5 jam.

Dari perjalanan panjang tersebut, Tim Gabungan BNN berhasil membabat 13.000 batang tanaman ganja dengan berat 6,5 ton. Ironisnya, di antara tanaman ganja tersebut terdapat tanaman cabe dan jahe milik warga setempat. Diduga pelaku ingin mengelabui aparat dengan menanam ganja di antara tanaman komoditas pertanian lainnya.

Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN RI Brigjen Pol Aldrin M.P. Hutabarat mengatakan, usia tanaman ganja yang berhasil ditemukan berkisar empat sampai dengan lima bulan. ”Tanaman ini memiliki tinggi bervariatif, antara 50 centimeter (cm) sampai 250 cm,” ujarnya usai memusnahkan ladang ganja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button