Nusantara

Antisipasi Karhutla, Gencar Bangun Sumur Bor

INDOPOSCO.ID – Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) gencar membangun 75 sumur bor di Desa Sungai Aur, Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi, Jambi, untuk mencegah kebakaran kembali terjadi, terutama di tengah Pandemi Covid-19.

Melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, BRGM menyebutkan pembangunan sumur bor tersebut terbagi dalam dua Program Kerja Masyarakat (Pokmas), yaitu Pokmas Lestari sebanyak 40 unit sumur bor dan Pokmas Alam Lestari sebanyak 35 unit sumur bor.

Ketua Pokmas Lestari, Sohar mengatakan timnya yang terdiri dari 20 orang baru saja menyelesaikan pembangunan sumur bor tahap pertama. “Tahap pertama sudah selesai sekitar pada Juli sebanyak 20 unit, sekarang kami menunggu tahap kedua, karena targetnya kan total 40 unit,” ujarnya.

Dikatakannya, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Sungai Aur pada 2019 sempat menyebabkan kabut asap yang cukup pekat di wilayah Muaro Jambi.

Kebakaran tersebut, tambahnya, juga menyebabkan lahan perkebunan warga terbakar, aktivitas sekolah diliburkan, hingga paparan asap yang berdampak pada kesehatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button