Nusantara

Nasionalisme Warga Papua di Tengah Pandemi

INDOPOSCO.ID – Di tengah situasi pandemi Covid-19 dengan diberlakukan kebijakan pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III dan IV tidak mengurangi semangat Nasionalisme dari warga Papua di berbagai kampung dan kepulauan untuk berperan langsung melaksanakan perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Beragam kegiatan dilakukan warga Papua di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia saat memperingati hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2021.

Seperti dilakukan sekelompok pemuda yang membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 400 meter di atas jembatan Youtefa Kota Jayapura.

Serta kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut perairan Biak dilakukan komunitas selam Biak, pemasangan umbul- umbul Merah Putih di pelosok kampung hingga mengikuti detik- detik upacara perayaan hari proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 2021.

Meski acara detik- detik perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia 17 Agustus 2021 dalam suasana pandemi COVID-19 namun memiliki arti sangat penting bagi warga di Papua karena bisa berperan merayakan peristiwa bersejarah bagi bangsa dan rakyat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Semangat kebangsaan dan persatuan menjadi nilai terpenting diberikan masyarakat Papua kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adanya semangat Nasionalisme diperlihatkan puluhan orang warga di Kota Jayapura, Papua yang berperan langsung dalam pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 400 meter di atas jembatan Youtefa, Kampung Enggros.

Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih di atas jembatan Youtefa memiliki arti dan simbol yang sangat mendalam karena adanya kecintaan terhadap eksistensi wilayah Papua bagian sah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button