Nusantara

Akibat Banjir, Puluhan Warga Rangkasbitung Tinggal di Pengungsian

INDOPOSCO.ID – Puluhan warga Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten yang menjadi korban banjir, hingga kini terpaksa tinggal di tempat pengungsian, karena hingga kini banjir setinggi lutut orang dewasa belum surut setelah dilanda hujan lebat sejak Senin (9/8/2021) sore hingga Selasa dini hari.

“Semua warga yang rumahnya terendam banjir kini terpaksa mengungsi, karema banjir belum juga surut,” ungkap Tata, Ketua Rukun Tetangga (RT) 02/03, Kampung Sentral, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Selasa (10/8/2021).

Banjir yang melanda pemukiman warga di Kampung Sentral, Kelurahan Rangkasbitung Barat diperkirakan bisa berlangsung lama jika tidak dilakukan penyedotan saluran air yag tersumbat akibat banyaknya bangunan yang berdiri di kanan kiri aliran anak sungai dan drainase.

Apalagi berdasarkan pemantauan indoposco, permukiman padat penduduk itu berada di areal persawahan dan air tidak dapat mengalir akibat banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke saluran drainase dan ditambah kecilnya saluran drainase sehingga tidak mampu menampung volume air saat turun hujan deras sehingga mengakibatkan kondisi air masih menggenangi pemukiman warga setempat.

“Kami memperkirakan sekitar 50 rumah warga di sini terendam banjir dengan ketinggian antara 20 sentimeter hingga 100 sentimeter, ” kata Roham, salah seorang warga setempat.

Menurut dia, masyarakat di daerah itu hingga kini belum bisa kembali ke rumah karena banjir belum surut sehingga terpaksa mengungsi di rumah saudara atau kerabat dan juga ada tinggal di musola.

Saat ini, kata dia, warga korban banjir membutuhkan makanan dan kebutuhan lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button