Nusantara

150 pasien Covid-19 Siap Dirujuk ke RS Lapangan Tembak Surabaya

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 150 pasien Covid-19 kategori orang tanpa gejala dan gejala ringan siap dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT) di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, RSLT yang mulai beroperasi Kamis, (8/7/2021) ini akan diisi setidaknya 150 pasien Covid-19 rujukan dari puskesmas.

“Sedangkan pasien dengan gejala berat dirawat di RSUD Soewandhie. Begitu pula pasien gejala ringan di RSUD Soewandhie juga dioper ke RSLT,” kata Febria seperti dikutip Antara, Kamis (8/7/2021).

Febria menjelaskan, untuk tahap awal, pasien akan ditempatkan di gedung D RSLT atau di lantai I sisi sebelah selatan. Sedangkan untuk jumlah total ruangan di RSLT sendiri, terdiri dari ruang A, B, C D dan E. “Jadi ada lima ruangan, terdiri dari A, B, C, D dan E. Untuk tenaga kesehatan sementara ada sekitar lebih 150- an, dari rekrutmen baru,” ujarnya.

Untuk mekanismenya, Febria menyebut, pasien tidak bisa langsung datang ke RSLT menggunakan ambulans, melainkan harus melalui prosedur rujukan dari puskesmas. Hal ini diterapkan untuk mempermudah petugas melakukan tracing atau pelacakan kontak erat.

“Supaya kami tidak tertinggal untuk tracing. Jadi yang membawa ke sini petugas dari Puskesmas. Kalau warga langsung datang pakai ambulans ke sini tidak bisa,” ujarnya.

Selain itu, Febria menjelaskan, bahwa ada beberapa dokumen yang wajib dilengkapi ketika pasien Covid- 19 ingin menjalani perawatan di RSLT yakni, membawa KTP, KK serta hasil tes usap PCR positif, baik dari puskesmas ataupun laboratorium lain.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button