Nusantara

Gubernur Banten Tak Lagi Berharap Pinjaman Dana SMI

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten nampaknya sudah putus asa dengan pinjaman daerah dari PT. Sarana Multi Insfratuktur (SMI). Mengingat, hingga kini uang itu tak kunjung ditrasferkan.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku tidak berharap lagi dapat pinjaman Rp4,1 triliun dari PT. Sarana Multi Insfratuktur. Terlebih dalam proses pinjamannya, selalu ada aturan baru yang dinilai memberatkan pemerintah daerah.

Seperti pemberlakukan suku bunga 6,19 persen dari pinjaman dengan tenor delapan tahun. Kemudian aturan terbaru, tenor menjadi lima tahun. Dari hitungan kemampuan Pemprov Banten, kebijakan itu memberatkan keuangan daerah.

“Sekarang mana yang bisa dibiayai APBD, ya kita biayai. Tapi kalau kepentingan tdak terlampau mendesak dan tidak ada uangnya, ya tidak kita laksanakan. Jadi saya kira, kita udah tidak lagi berharap dari SMI,” katanya saat ditemui usai rapat paripurna, Selasa (22/6/2021).

Wahidin mengatakan, pembangunan di Provinsi Banten akan mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp12 triliun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button