Nusantara

Ombudsman Jawa Timur Buka Posko Pengaduan PPDB

INDOPOSCO.ID – Calon wali murid yang menjadi korban ketidakadilan atas pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 dapat melapor ke Ombusmen di Jawa Timur (Jatim).

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jatim Agus Muttaqin mengatakan, pembukaan posko aduan pelaksanaan PPDB untuk mempermudah calon wali murid yang merasa ada kejanggalan dalam proses pendaftaran.

“Setiap tahun Ombudsman mengawasi PPDB khususnya di Jatim. Mengingat, dari tahun ke tahun selalu berulang, masih banyak ditemukan permasalahan,” katanya, Jumat (18/6/2021).

Menurutnya, salah satu permasalahan PPDB di Jatim adalah tidak sebandingnya jumlah rombongan belajar (rombel) dengan jumlah pendaftar. Data calon siswa tidak akurat karena Dinas Pendidikan kurang maksimal melakukan pemutakhiran data.

“Akibatnya, setiap tahun selalu ada calon siswa yang tidak terakomodir dalam sistem zonasi PPDB. Kasus terbanyak dialami calon siswa tingkat SMP sederajat,’’ ungkapnya.

Ia menyebutkan, perkembangan pembangunan dan area permukiman memunculkan kawasan perumahan baru. Kondisi ini kerap tidak sesuai dengan ketersediaan ruang dan rombel di sekolah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button