Nusantara

Dorong Peningkatan Ekspor, Bea Cukai Rangkul Berbagai Pihak

INDOPOSCO.ID – Penguatan penerimaan negara dan upaya meningkatkan potensi ekspor bagi para pelaku usaha di berbagai daerah terus dilakukan Bea Cukai, salah satunya melalui penguatan sinergi dengan berbagai pihak. Kali ini sinergi yang baik dilakukan antara lain oleh Bea Cukai Sumatera Utara, Parepare, Kediri, Kupang dan Palangkaraya.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro menyatakan bahwa Bea Cukai mempunyai peran dalam meningkatkan potensi ekspor di berbagai daerah. “Kami memiliki peran sebagai trade facilitator, kami akan mendukung dan menawarkan berbagai fasilitas kemudahan bagi para pelaku usaha untuk dapat meningkatkan potensi ekspor di daerah,” ungkapnya.

Berperan aktif mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM), Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara hadiri kegiatan coaching program for new exporters (CPNE) yang digagas oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), pada Jumat (11/06). CPNE merupakan kegiatan tahunan LPEI untuk mengumpulkan UMKM di Wilayah Sumut yang memiliki potensi ekspor. Dalam kegiatan tersebut, dibahas beberapa kendala yang dialami para pelaku usaha selama ini.

Menjawab kendala tersebut, Kanwil Bea Cukai Sumut saat ini menyediakan 8 klinik ekspor yang tersebar di setiap kantor Bea Cukai di seluruh Sumatera Utara. “Bea Cukai juga menginisiasi program skala nasional yaitu national logistics ecosystem (NLE) yang masih terus disempurnakan. Kedepannya NLE ini dipastikan dapat mengurangi biaya logistik sehingga memaksimalkan logistic cost pelaku usaha yang ingin melakukan ekspor,” imbuh Sudiro.

Pada Jumat (11/06), Bea Cukai Parepare menerima kunjungan kerja Kantor Karantina Pertanian Mamuju dalam rangka memperkuat sinergi dan koordinasi terkait beberapa peluang ekspor, khususnya komoditas pertanian yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Sejalan dengan Bea Cukai Parepare, Bea Cukai Kediri juga menerima kunjungan dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Kediri dalam rangka sinergi menyusun misi bersama dalam mengembangkan potensi dan industri daerah Kediri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button