Nusantara

Somasi Tak Direspon, MKKBN Polisikan MDA-PHDI Bali ke Polda

INDOPOSCO.ID – Majelis Ketahanan Krama Bali Nusantara (MKKBN) melaporkan Ketua Majelis Desa Adat dan Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali ke Kepolisian Daerah Bali karena MDA-PHDI tidak merespons somasi terkait dengan dialog pencabutan surat keputusan bersama.

“Kami sudah memberikan waktu 7 x 24 jam untuk dialog agar ada kesepakatan untuk pencabutan SKB terkait Pembatasan Kegiatan Pengembangan Ajaran Sampradaya Non-Dresta di Bali. Kami ingin sekali ada perdamaian,” kata Ketua Umum MKKBN I Ketut Nurasa dilansir dari Antara usai menyampaikan laporan pengaduan ke Polda Bali, Denpasar, Kamis (13/5/2021)

Laporan pengaduan masyarakat yang disampaikan Nurasa ke Polda Bali itu dengan tiga teradu, yakni Ketua MDA Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet, Ketua PHDI Provinsi Bali I Gusti Ngurah Sudiana, serta Pinisepuh Perguruan Sandhi Murti Indonesia I Gusti Ngurah Harta.

Berita Terkait

Menurut Nurasa, SKB antara PHDI Bali dan MDA Bali dengan Nomor 106/PHDI-Bali/XII/2020 dan 07/SK/MDA-Prov Bali/XII/2020 yang berlaku sejak 16 Desember 2020 itu di lapangan telah digunakan sekelompok pihak untuk melakukan penutupan sejumlah ashram sampradaya.

“Kami masih mengikuti adat, budaya, dresta Hindu di Bali di wewidangan (wilayah) masing-masing. Saya juga ada bukti pernyataan tertulis beberapa bandesa adat yang saya datangi,” ucapnya.

Nurasa menyebutkan sejumlah bandesa adat (pimpinan desa adat) sudah menyampaikan pernyataan secara tertulis maupun secara lisan di forum. Mereka pun tidak ada yang menyampaikan bahwa warga sampradaya mengganggu ketertiban umum.

Ia juga menyayangkan adanya pernyataan “puputan” dari kelompok tertentu, seolah-olah ada yang menjajah. Sesama umat beragama hendaknya saling menyayangi dan tidak melakukan kekerasan.

Oleh karena itu, pihaknya tidak mendapatkan konfirmasi atas somasi yang telah disampaikan kepada MDA dan PHDI Bali pada hari Selasa (4/5) sehingga MKKBN dengan berbagai pertimbangan akhirnya memutuskan mencari keadilan dengan melaporkan ke kepolisian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button