Nusantara

Modus Pemudik Mulai Tes PCR Bodong hingga Pura-Pura Kirim Paket

INDOPOSCO.ID – Kebijakan pemerintah melarang mudik 6-17 Mei membuat sejumlah warga melakukan modus tertentu untuk mengelabui petugas di sejumlah titik penyekatan mudik.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebutkan ada banyak modus yang digunakan para pemudik agar bisa tetap pulang kampung meski pemerintah telah melarang untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Sejumlah modus ini, kata Ridwan Kamil, ditemukan saat ia meninjau pelaksanaan penyekatan pemudik di Padalarang dan Cileunyi, Jawa Barat. Ia meninjau langsung bagaimana para pemudik tetap nekat mudik.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menceritakan, sejak diberlakukan penyekatan di 158 titik di Jawa Barat, banyak modus yang dilakukan pemudik untuk mengelabui petugas. Salah satu di antaranya adalah banyak pemudik yang menunggu petugas lengah saat jam istirahat, saat hujan turun.

Selain itu, tak sedikit pemudik yang menggunakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) bodong serta berpura-pura akan mengirimkan paket.

“Di lapangan, modus banyak. Apalagi menjelang hari H Lebaran ini, masih akan ada masyarakat yang nekat untuk pulang kampung,” ujar Kang Emil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button