Nusantara

Gubernur Jatim Ingin Percepatan Penangan Gempa Berjalan Baik

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta adanya percepatan penanganan pascagempa bumi untuk warga terdampak di beberapa kabupaten/kota di provinsi itu.

“Kami bersama Pangdam dan Kapolda Jatim melakukan peninjauan secara langsung bagaimana percepatan penanganan pascagempa bisa dipastikan semua berjalan baik,” kata Khofifah saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang seperti dikutip Antara, Minggu (11/4/2021).

Dia menyatakan warga yang terdampak gempa akan mendapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yakni korban yang rumahnya rusak berat akan mendapat bantuan sebesar Rp 50 juta, rusak sedang mendapat bantuan Rp 24 juta, dan rusak ringan sebesar Rp10 juta sambil menunggu percepatan verifikasi data dari masing-masing daerah.

“Berikutnya sambil menunggu rumah itu selesai dibangun, kemudian ada bantuan tunggu hunian sebesar Rp 500 ribu untuk sewa rumah bagi korban yang rumahnya rusak berat dan rusak sedang ke arah berat,” katanya.

Mantan Menteri Sosial itu meminta informasi bantuan dari BNPB tersebut disampaikan langsung kepada warga terdampak gempa bumi dengan magnitudo 6,1 di Kabupaten Lumajang. “Kami imbau kepada semua warga untuk tetap waspada terhadap ancaman gempa bumi, namun jangan panik,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button