Nusantara

Gandeng Polairud, Bea Cukai Laksanakan Patroli Gabungan Serentak di Wilayah Sumatera

INDOPOSCO.ID – Kantor Bea Cukai di wilayah Sumatera melaksanakan operasi patroli laut bersama Polisi Perairan dan Udara (Polairud) secara serentak. Hal ini sesuai dengan arahan dari Direktur Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai, pada 18 Februari 2021.

Patroli laut yang direncanakan berlangsung selama empat belas hari hingga 3 Maret 2021 ini merupakan salah satu bentuk nyata dari perjanjian kesepahaman antara Bea Cukai dan Baharkam Polri dalam rangka pengawasan dan penindakan atas penyelundupan barang ilegal serta bahaya-bahaya lain yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban negara.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai, Sudiro mengatakan, patroli laut bersama ini dilakukan dengan skema penyelarasan operasi yang sedang berjalan pada tiap-tiap instansi sesuai dengan tugas pokok fungsi masing-masing.

Ia pun mengungkapkan tujuan pelaksanaannya. ÔÇťOperasi patroli laut bersama ini memiliki tujuan untuk saling memperkuat sinergi dan koordinasi yang sudah ada antar instansi penegak hukum. Selain itu, patroli bersama ini juga memiliki fungsi berupa meningkatkan efektifitas pengawasan pada wilayah yang diawasi serta melakukan penindakan atas pelanggaran yang ditemukan,” kata dia, dalam keterangannya, Selasa (2/3/2021).

Di Pekanbaru, Bea Cukai Pekanbaru bersama dengan Polairud Polres Siak memeriksa kapal bersama. Setiap kapal yang melewati daerah pengawasan Pekanbaru dilakukan pengecekan secara mendetail mulai dari wawancara singkat dengan nahkoda kapal serta kru hingga pengecekan barang bawaan yang diangkut oleh kapal tersebut.

Sedangkan di Aceh, menurut Sudiro, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Aceh, Bea Cukai Langsa, Bea Cukai Lhokseumawe beserta Dit. Polairud Polda Aceh membuka operasi gabungan di dermaga pelabuhan Krueng Geukeuh, Lhokseumawe.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button