Nusantara

Nisan Situs Kesultanan Aceh Ditemukan di Proyek Tol

INDOPOSCO.ID – Puluhan batu nisan yang diduga situs makam peninggalan Kesultanan Aceh Darussalam ditemukan di lokasi proyek pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di kawasan Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Komunitas Peubeudoh Sejarah, Adat dan Budaya (Peusaba) Aceh Mawardi Usman di Aceh Besar, Rabu mengatakan penemuan itu bermula ketika anggotanya berkeliling melihat situs cagar budaya di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kemudian, mendapat laporan masyarakat bahwa di pinggir jalan Kajhu-Banda Aceh, tepatnya di kawasan pembangunan gerbang tol Sibanceh seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam ditemukan batu nisan peninggalan era Kesultanan Aceh.

Berita Terkait

“Kapolsek juga turun ke lapangan dan melihat ada beberapa makam situs cagar budaya yang mengenai tol. Setelah kami lihat memang benar ada beberapa makam orang penting era Kesultanan Aceh Darussalam yang mau digeser untuk perluasan gerbang tol,” katanya seperti dilansir Antara.

Kondisi makam di kawasan itu memang tidak lagi utuh. Nisan dengan ukiran khas era Kesultanan Aceh itu ada yang berukuran besar dan kecil. Kebanyakan batu nisan sudah tertimbun tanah, namun ada juga yang masih tegak berdiri terlihat dengan jelas.

Kata Mawardi berdasarkan pemantauan Peusaba bahwa batu nisa yang ditemukan di lokasi itu berjumlah sekitar 20-an. Menurut dia, batu nisan tersebut diproduksi pada era ulama Aceh Syekh Abdur Rauf as Singkili.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button