Nusantara

BPN Banten Gencarkan Program Reforma Agraria Melalui Redistribusi Tanah

INDOPOSCO.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Naional (BPN) Provinsi Banten, melalui kantor Pertanahan Kabupaten Lebak menggencarkan program Reforma Agraria melalui redistribusi tanah. Yaitu, memberikan tanah secara cuma cuma kepada masyarakat atau penggarap yang berasal dari tanah terlantar hak guna usaha (HGU) sebuah perusahaan perkebunan.

Kepala kantor Pertanahan Kabupaten Lebak, Agus Sutrisno didampingi kepala seksi Hubungan Hukum Pertanahan (HHP) Mafrukhi menjelaskan, redistribusi tanah adalah aset tanah yang baru atau fresh land yang diberikan kepada masyarakat dari tanah terlantar seperti HGU yang tidak dimanfaatkan dan pelepasan tanah kawasan hutan.

Seperti yang dilalukan di Wawangkon Citorek, Banten Kidul, selama dua tahun berturut turut sebanyak 6.174 bidang di tanah tata batas kehutana Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

“Pada 2020 lalu kita bagikan tanah sebanyak 2.474 bidang berikut sertifikat yang ada di 5 desa di Citorek, dan tahun ini sebamyak 3.700 bidang masih di Citorek,” terang Agus, Selasa ((26/1/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button