Polri Siapkan Hotline 110 untuk Pengaduan Mudik Lebaran, Petugas Standby 24 Jam

INDOPOSCO.ID – Kepolisian Indonesia (Polri) menyiagakan layanan hotline untuk pengaduan arus mudik. Seluruh aktivitas masyarakat menjelang libur lebaran Idulfitri 2025 diharapkan lancar dan pelayanan mudik semakin baik.
“Saluran hotline 110 sehingga masyarakat yang ingin mengadukan hal-hal terkait masalah pelayanan mudik bisa dihubungi,” ujar Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (21/3/2025).
Ia menegaskan, personel yang menangani panggilan yang masuk ke hotline akan berjaga nonstop untuk memastikan pelayanan bagi masyarakat selama periode mudik lebaran.
“Nanti petugas 24 jam memberikan pelayanan, sehingga kita harapkan pelayanan mudik 2025 ini bisa semakin baik,” ujar Sigit.
Di sisi lain, ada 164 ribu personel akan melakukan pengamanan arus mudik dan balik Idulfitri 2025. Ratusan ribu personel itu resmi diterjunkan melalui apel pasukan Operasi Ketupat 2025.
“Operasi ini melibatkan 164.298 personel gabungan yang akan menempati 2.835 pos yang terdiri dari 1.738 pos pengamanan, 788 pos pelayanan, serta 309 pos terpadu sebagai pusat informasi dan pelayanan bagi masyarakat yang sedang melakukan pekerjaan,” ucap Sigit.
Ratusan ribu personel itu terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, BMKG, Kementerian Perhubungan, Pramuka, dan beberapa stakeholder. Para personel itu akan mengamankan 126.736 obyek pengamanan berupa masjid, lokasi Salat Idulfitri, obyek wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.
Ia menambahkan, puncak arus mudik 2025 diprediksi terjadi 28 Maret dan arus balik mudik diprediksi terjadi 5 April. “Prediksi puncak arus mudik akan terjadi kemungkinan di antara tanggal 28 sampai 30 Maret dan puncak arus balik kemungkinan antara tanggal 5 dan 7 April 2025,” imbuh mantan Kabareskrim Polri itu. (dan)