Satgas Nataru 2025 Tekan Angka Kecelakaan, Begini Respons Komunitas Otomotif

INDOPOSCO.ID – Pelaksanaan satuan tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pertamina, tidak hanya menjamin ketersediaan energi pada libur Nataru 2025. Pernyataan tersebut diungkapkan Humas Club Ayla Indonesia (CAI), Adjie Sambogo melalui gawai, Rabu (25/12/2024).
Lebih dari itu, menurut dia, berbagai layanan yang diberikan juga memberi kemudahan bagi masyarakat. Bahkan diyakini mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.
”Satgas Nataru juga mengoperasikan Serambi MyPertamina di jalan tol. Saya setuju bahwa berbagai layanan yang diberikan sangat mendukung pengemudi agar tetap bugar dan mengurangi keletihan,” katanya.
“Di dalamnya juga ada layanan konsultasi kesehatan. Saya yakin layanan ini bisa mengurangi angka kecelakaan,” imbuhnya.
Dalam perjalanan jauh, dikatakan Adjie, pengemudi memang sebaiknya beristirahat setiap empat jam. Apalagi, kondisi cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat. “Mata juga sering lelah. Malam lelah karena cahaya lampu,” ungkapnya.
“Siang hari lelah karena sinar matahari, terutama jika perjalanan melawan arah matahari. Itu kan bahaya. Makanya layanan tersebut sangat membantu memulihkan kondisi,” lanjutnya.
Ia menilai, Serambi MyPertamina bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anggota keluarga lain. Karena di dalamnya juga dilengkapi musala, nursery room, konsultasi kesehatan, barbershop, area santai, kursi pijat, playground, game console, dan snack.
Dengan demikian, kata dia, konsumen Pertamina bisa beristirahat dengan maksimal sebelum melanjutkan perjalanan. “Anggota CAI juga sering bertukar pengalaman tentang manfaat layanan Satgas Nataru, termasuk Serambi MyPertamina ini. Bahkan ada juga yang terbantu, karena tersedia ruangan menyusui dan tempat bermain anak-anak,” jelasnya.
Begitu juga layanan lain, masih ujar dia, seperti SPBU Siaga, Agen LPG Siaga, Agen Mitan Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, Motorist, dan mobil tangki stand by. Menurut Adjie, tentu mendukung kemudahan dan kelancaran distribusi BBM kepada konsumen.
”Ini kan sudah beberapa kali dilakukan Pertamina. Saya sendiri pernah merasakan manfaat, ketika mudik Lebaran tahun ini harus segera mengganti pelumas. Alhamdulillah ketika itu saya jadi lebih mudah mendapatkan Fastron,” kata dia.
Hal yang sama diungkapkan Founder Fortuner Owner Club Indonesia (Forci) Wisnu Sambhoro. Ia mengapresiasi Satgas Nataru termasuk berbagai layanan yang diberikan. Termasuk Motorist dan truk tangki yang stand by 24 jam.
“Motorist misalnya, saya yakin armada tersebut sangat bermanfaat jika ada pengendara dalam keadaan darurat. Pasti sangat terbantu,” ujar Wisnu.
Yang penting, armada tersebut mudah dihubungi dengan respons cepat. Sehingga, kata dia, masalah kedaruratan yang dialami pengendara bisa segera diatasi.
Sementara itu, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai Satgas Nataru sebagai upaya positif bagi masyarakat. Selain memberi jaminan distribusi energi, juga bisa dimanfaatkan untuk beristirahat jika lelah di perjalanan.
“Ini fasilitas yang positif untuk dimanfaatkan masyarakat, khususnya pengguna jalan tol untuk beristirahat atau juga untuk checking kesehatan, seperti tensi atau gula darah. Kondisi yang sehat amat penting untuk memastikan keselamatan berkendara apalagi untuk perjalanan jarak jauh,” ujar Tulus. (nas)