IT Maskapai di Bandara Soetta Kembali Normal

INDOPOSCO.ID – PT Angkasa Pura II memastikan sistem teknologi informasi (TI) milik maskapai penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Provinsi Banten, telah kembali berfungsi normal.
Sebelumnya, sejumlah sistem layanan check-in di Terminal 3 Bandara Soetta mengalami gangguan pada Jumat (19/7/2024) akibat masalah global dengan peralatan Microsoft.
Penjabat Sementara (Pjs) Senior Vice President of Corporate Secretary AP II, Cin Asmoro mengatakan, gangguan TI tersebut berdampak signifikan pada pelayanan penumpang, yang mengakibatkan antrean panjang di gate 4E serta counter check-in maskapai Citilink di Terminal 3 pada Jumat malam (19/7/2024).
“Dalam menghadapi situasi tersebut, pengelola bandara dan maskapai penerbangan melakukan penambahan jumlah petugas pelayanan,” ujar Cin, dalam keterangannya, Minggu (21/7/2024).
Menurutnya, mulai hari Sabtu, sistem TI pada dua maskapai penerbangan telah kembali berfungsi dengan baik untuk memproses keberangkatan penumpang.
Sebelumnya, beberapa maskapai mengalami gangguan pada sistem TI mereka akibat masalah global.
“Namun, sistem TI yang dikelola oleh AP II sebagai operator 20 bandara tetap beroperasi secara normal tanpa mengalami kendala,” kata Cin.
Dia menyatakan dalam penanganan sistem TI, AP II telah menugaskan lebih banyak personel keamanan penerbangan (avsec) serta meningkatkan layanan pelanggan.
Selain itu, mereka juga telah menambah jumlah konter check-in untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan penumpang.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk para penumpang pesawat, atas dukungan mereka, sehingga dampak dari gangguan sistem TI yang terjadi kemarin dapat diminimalkan,” tuturnya. (fer)