Nasional

Klinik Rumah Swadaya Solusi Tepat Untuk Bangun Rumah Layak Huni

Oleh : Ristyan Mega Putra SSos MSi

INDOPOSCO.ID – Membangun rumah untuk kali pertama bagi kebanyakan membuat masyarakat bingung harus memulai dari mana. Bahkan terkadang mereka merasa khawatir dan ketakutan saat ingin membangun rumah mengingat harga bahan material bangunan yang terus mengalami kenaikan harga di pasaran.

Hal itu membuat mereka harus memutar otak agar rumah yang diimpikan dapat terbangun dengan baik. Bahkan ada juga yang harus merelakan keinginannya untuk membangun rumah dan membangun rumah seadanya tanpa perencanaan yang matang sehingga menimbulkan rumah yang tidak layak huni.

Rumah pada dasarnya merupakan “istana kecil” yang ingin dibangun oleh setiap orang. Mereka ingin membangun dengan menggunakan bahan material yang terbaik serta desain bangunan yang diinginkan.

Untuk masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang baik tentu hal itu tidak menjadi masalah yang berarti. Mereka bisa membeli bahan bangunan terbaik dan mendesain rumah sesuai dengan keinginannya.

Tapi bagaimana dengan masyarakat yang kemampuan ekonominya pas-pasan atau bahkan kekurangan. Ya, mereka yang termasuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah atau kurang mampu inilah yang menjadi salah satu target pemerintah di sektor penyediaan perumahan.

Meskipun mereka berpenghasilan rendah, tapi kadang mereka sudah memiliki modal dasar berupa tanah peninggalan orang tua maupun sudah membeli sebidang tanah dari hasil tabungannya. Namun demikian, keterbatasan anggaran yang ada membuat mereka harus menunda untuk membangun rumah.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki terobosan guna membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam proses pembangunan rumah.

Salah satunya melalui Program Klinik Rumah Swadaya (KRS) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa dipungut biaya sepeser pun atau gratis.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button