Nasional

Indonesia dan Arab Saudi Sepakati Kerja Sama Kemajuan Kekayaan Intelektual

INDOPOSCO.ID – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Indonesia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Saudi Authority for Intellectual Property (SAIP) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperkuat kerja sama di bidang Kekayaan Intelektual (KI).

Kesepakatan ini dibuat dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di sela Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) di Jenewa, Swiss.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Min Usihen yang menandatangani kesepakatan tersebut menyatakan tujuan utama dari kesepakatan ini adalah untuk membangun kerangka kerja sama antara kedua pihak dalam bidang KI, dengan dasar kesetaraan dan saling menguntungkan.

“Kerangka kerja ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang bermanfaat dalam pengelolaan dan pengembangan KI di Indonesia dan Arab Saudi, sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku di masing-masing negara,” katanya dalam keterangan Kamis (11/7/2024).

Dalam MoU ini, beberapa poin penting yang dibahas meliputi strategi Kekayaan Intelektual (KI), pengembangan teknologi informasi, serta pertukaran konsultasi dan pengalaman di bidang teknologi terkini, termasuk kecerdasan buatan untuk KI.

Selain itu, pertukaran data dan pengelolaan informasi KI, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, serta hukum dan kebijakan KI juga menjadi fokus dalam kerja sama ini.

Pembahasan utama dari MoU ini juga meliputi promosi dan peningkatan kesadaran tentang pentingnya nilai KI, penghormatan dan penegakan KI, serta diskusi pengembangan praktik terbaik dalam proses KI, termasuk Patent Prosecution Highway (PPH).

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button